Renungan  Kuasa  Doa  hari  Minggu  ini  diangkat  dari   Injil Matius 2 2:15-21  dengan tema: ”Kewajiban untuk Allah dan negara”. Tema ini merupakan inspirasi Injil Matius ketika orang Farisi dan kelompok penganut Herodes berusaha menjerat Yesus. Dalam upaya menjerat Yesus, mereka bertanya kepada Yesus, katanya:” Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami, pendapat-Mu:’Bolehkah membayar pajak kepada kaisar atau tidak?

Tetapi, Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. Maka berkatalah Ia kepada mereka:” Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu”. Mereka membawa suatu dinar kepada Yesus. Maka Yesus bertanya kepada mereka ‘gambar dan tulisan siapakah ini?’ Jawab mereka: ”Gambar dan tulisan kaisar!”. Lalu Yesus berkata kepada mereka: ”Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah”.

Dari Injil Matius tergambar, bahwa usaha orang Farisi dan Herodian untuk menjerat Yesus gagal. Mereka masih belum menerima dan mengerti siapakah sosok Yesus yang sejatinya. Mereka ini ibarat musang berbulu domba. Pura-pura bertanya baik-baik kepada Yesus, tetapi hati mereka busuk ingin menjebak Yesus.

Mereka mendekati Yesus dengan cara membujuk tetapi juga penuh dengan kemunafikan. Kemudian mereka melemparkan pertanyaan tentang boleh dan tidak bolehnya membayar kepada kaisar. Mengapa? Orang-orang Farisi (yang sebagai orang religius menolak membayar pajak kepada pemerintahan asing) dan orang Herodian (yang mungkin mengurus sistem pajak di Palestina). Mengetahui kemunafikan mereka, Yesus menghindari jebakan mereka dengan meminta untuk memperlihatkan mata uang yang di dalamnya terdapat gambar dan nama kaisar. Dalam perdebatan mereka, Yesus berhasil mempermalukan mereka, sehingga mereka terus mencari kesempatan bagaimana menjebak Yesus dan suatu saat menangkap-Nya.

Inspirasi dari Injil Matius hari Minggu ini antara lain adalah tentang adanya dua kewajiban yang fundamental bagi kita semua. Sebagai warga negara yang baik, hukumnya wajib untuk membayar pajak kepada negara dan sebagai orang beriman (beragama), hukumnya wajib untuk berbakti kepada Allah. Dengan kata lain, kewajiban untuk Allah dan kewajiban untuk negara harus dilaksanakan oleh setiap warga negara yang baik.

Hal ini terjadi, agar hubungan antara warga dan negara menjadi harmonis, sementara itu sebagai umat beriman, kewajiban kita adalah melaksanakan kehendak Bapa di surge, yakni percaya kepada Yesus sebagai Allah dan sebagai manusia, dan melaksanakan ajaran-ajaran-Nya. Jika demikian, maka kita akan memperoleh damai sejahtera. Dengan cara itu pula, maka kita sudah mencicipi Kerajaan Allah yang ada di dunia.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari Minggu ini, Tuhan memberkati.

Sumber: kuasadoa.com