Tak terasa, Gereja Paroki Hati Kudus Yesus telah memasuki usianya yang ke-100 th. Dalam tahun yang ke-100 di tahun 2021 ini Gereja merayakannya dengan serangkaian acara mulai dari serial katekese dan talkshow yang disiarkan secara daring, perayaan misa dan ziarah ke makam romo-romo yang pernah bertugas di paroki ini.

Tanggal 11 Juni 2021 kemarin merupakan Hari Raya Yesus Yang Mahakudus. Gereja memperingati pesta nama Paroki Hati Kudus Yesus yang ke-100 th pada misa pagi, Jumat, 11 Juni 2021 pk.06.00 WIB.  Misa dipimpin oleh Rm. Budi Hermanto sebagai selebran utama bersama romo-romo yang bertugas di Paroki Hati Kudus Yesus.

Dalam homilinya romo kepala paroki ini mengatakan bahwa Hati Kudus Yesus tercurah bukan saja untuk orang benar. Dia yang ditinggikan di kayu salib datang ke dunia untuk menjadi berkat keselamatan dan pertobatan. Ia melanjutkan; mereka yang tersesat, terbelenggu kecemasan dan dosa dilembutkan dan dijamah oleh Hati Kudus-Nya.

Hendaknya kita bersyukur bahwa kita memiliki hati-Nya yang menghibur sekaligus menguatkan. Romo Fusi berharap semoga kuasa Hati Kudus Yesus membuat semakin banyak jiwa dipertobatkan dan dipersekutukan dalam keluarga.

Diakhir misa Romo Fusi mengucapkan selamat untuk pesta pelindung gereja kita, semoga menjadi pelindung bagi semua umat; bagi semua yang bekerja di gereja tercinta ini, dan bagi siapa saja yang berdoa di tempat ini.

Hati Yesus mengungkapkan pergaulan yang mesra antara Bapa dan manusia. Namun, kita hanya bisa merasakan kemesraan dan cinta kasih Yesus jikalau kita bersikap sederhana, rendah hati dan menaruh kasih pada sesama.

Yesus datang dan menampakkan diri pada Santa Margareta Maria Alacoque dengan dada terbuka, dan nampaklah hati-Nya. Di atas hati suci itu ada api bernyala-nyala, dan di tengah api terdapat sebuah salib indah. Di sekeliling hati Ilahi terbentuk duri yang panjang dan tajam. Hati Kudus Yesus yang tertembus, lukanya lebar dan dalam, darahnya bertitik-titik menetes keluar.

Dengan tangan kiri, Yesus menunjukkan hati-Nya yang ajaib itu lalu dengan tangan kanan-Nya yang bercahaya Yesus memberkati Suster Margaretha. (Lihat gambar)

gracemazzaurbanski/pixabay

Marilah kita semua berusaha meningkatkan hormat serta bakti kepada Hati Yesus yang Mahakudus yang telah memberikan 12 janji agung demi keselamatan kita bersama. (Daniel Gesang W)

Photo cover by MART PRODUCTION on Pexels